KKL: Mahasiswa Tadris IPS UNZAH Telusuri Candi Prambanan Yogjakarta dan Museum Manusia Purba Sangiran

#UNZAH_GENGGONG- Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Probolinggo yang mengambil mata kuliah Antropologi dan Sejarah Indonesia mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke dua tempat bersejarah yang berkaitan langsung dengan evolusi manusia pada Rabu-Kamis (21-22/6).

Tempat tersebut meliputi Candi Prambanan Yogjakarta dan Museum Manusia Purba Sangiran.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk menfasilitasi mahasiswa mempelajari dan memahami asal usul manusia purba melalui bukti arkeologi dan fosil yang berada di sana.

Terdapat 200 Mahasiswa IPS dari angkatan 2021-2022 dan 2022-2023 yang terlibat aktif dalam mengeksplorasi dan mempelajari secara langsung melalui fosil-fosil yang mereka teliti.

Para dosen ahli dan dosen tamu yang mendampingi kegiatan KKL juga memberikan penjelasan mendalaman mengenai proses evolusi.

Selain itu, Mahasiswa diajak untuk memperhatikan fosil-fosil manusia, alat prasejarah dan benda benda lain terkait evolusi manusia.

Babul Bahrudin, M.Pd., selaku Ka.Prodi Tadris IPS mengatakan. Melalui KKL ini kami berharap agar mahasiswa mempunyai pemahaman empiris tentang evolusi dan langsung bersentuhan dengan peraga alam dan sejarah.

“Saya ingin mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan secara langsung baik dari kegiatan ini. Dengan demikian mahasiswa IPS mendapat pengetahuan yg utuh baik dari perspektiv teoritik dan empirik,” terangnya.

Salah satu mahasiswa, Asih Rindi. Mengungkapkan kegembiraannya dengan adanya kegiatan tersebut.

“Dari KKL ini kami jadi semakin paham dan mengerti mengenai mata kuliah Antropogi dan Sejarah terutama materi evolusinya karena kemaren kan ditunjukkan bukti dan gambaran yang lebih jelas, kalau di kelas hanya slide PPT aja,” katanya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang sejarah evolusi manusia dan pentingnya penelitian arkeologi dalam mengungkap asal-usul kita sebagai manusia modern. (rfq)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *